Resmi! Bunga Langka asal Thailand Dikasih Nama Lisa BLACKPINK

Lisa BLACKPINK. (Dok: Instagram lalalalisa_m)

 Para peneliti Thailand menggunakan nama salah satu member BLACKPINK, Lalisa Manoban, sebagai nama spesies tanaman berbunga yang terancam punah di Negeri Gajah Putih itu.

Menurut laporan¬†Nation Thailand, tumbuhan berbunga yang ditemui di Narathiwat, Thailand itu diberi nama “Bunga Lalisa” untuk menghormati Lisa karena telah membawa nama baik Thailand melalui kariernya sebagai anggota BLACKPINK.

Bunga Lalisa atau Friesodielsia lalisae Damth., Baka & Chaowasku adalah tanaman merambat yang memiliki bunga harum dan termasuk dalam spesies Annonaceae. Kata “Bunga” diambil dari kata puitis Thailand yang berarti bunga. Menurut laporan tersebut, kata “Bunga” juga diadaptasi dari bahasa Melayu dan bahasa Indonesia.

“Spesies baru ini dinamai untuk menghormati Lalisa Manoban, seorang penyanyi rap, penyanyi, dan penari Thailand yang terkenal dan sangat menginspirasi penulis penelitian ini,” sebut laporan tim peneliti, dikutip Jumat (14/4/2023).

Para peneliti mengatakan bahwa Bunga Lalisa ditemukan di hutan sekunder yang berdekatan dengan perkebunan karet. Saat ini habitatnya sangat terancam akibat kegiatan pertanian. Bahkan, mereka hanya menemukan sepasang Bunga Lalisa.

Akibat jumlah yang sangat sedikit itu, tim peneliti mengklaim bahwa tanaman tersebut harus diberi status sebagai tanaman yang sangat terancam punah di bawah standar International Union for Conservation of Nature.

“Upaya konservasi harus segera dimulai,” tegas salah satu anggota tim peneliti dari Universitas Chiang Mai, Tanawat Chaowasku.

Diketahui, Lisa adalah member BLACKPINK asal Thailand yang dihormati oleh masyarakat negara asalnya berkat prestasinya di dunia musik. Pada 8 Oktober 2021 lalu, Guinness World Record mengumumkan bahwa Lisa BLACKPINK telah memecahkan dua rekor terbaru melalui lagu debutnya.

Rekor pertama adalah video musik “LALISA” yang memecahkan rekor dunia sebagai Video Musik (MV) Artis Solo yang Paling Banyak Dilihat dalam 24 Jam. MV tersebut mengumpulkan 73,6 juta penonton di YouTube dalam waktu 24 jam dan berhasil mengalahkan rekor lagu “ME!” oleh Taylor Swift dan Brendon Urie yang meraup 65,2 juta penonton.

Sementara itu, rekor kedua adalah pemecahan rekor untuk Video Musik Artis K-pop Solo yang Paling Banyak Dilihat dalam 24 Jam. Sebelumnya, rekor tersebut dipecahkan oleh member BLACKPINK lainnya, Rose yang debut melalui lagu “On the Ground”.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*