3 Tanda Pengeluaran Bulanan Anda Kebablasan

3 Tanda Pengeluaran Bulanan Anda Kebablasan

Ilustrasi Belanja Online

Anda mungkin merasa, dalam setiap bulan Anda selalu merasa pengeluaran membengkak tanpa satu alasan yang jelas. Anda sendiri tidak pernah tahu kemana larinya uang yang Anda dapatkan baik dari gaji maupun pendapatan lainnya.

Inflasi atau kenaikan harga barang dan jasa bisa jadi menjadi penyebab Anda mengeluarkan uang yang lebih banyak untuk kebutuhan sehari-hari. Dan menambah penghasilan https://buddykas.store/ serta mengurangi pengeluaran seringkali menjadi saran yang dianjurkan untuk bisa bertahan hidup dengan keuangan yang sehat.

Namun sebelum Anda melakukan hal tersebut, ketahuilah tiga tanda yang bakal Anda alami jika pengeluaran Anda sudah kebablasan.

Tanda itu tentu bisa menjadi rambu-rambu untuk mengerem pengeluaran yang dirasa kurang penting.

Selalu ada utang konsumtif yang membebani keuangan

Utang konsumtif yang membebani keuangan tentu menandakan bahwa penghasilan Anda mungkin tidak cukup untuk membiayai hidup Anda, mulai dari kebutuhan pokok, wajib atau bahkan yang bersifat keinginan sekalipun.

Disebut membebani keuangan karena dengan adanya cicilan, Anda sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Jika hal itu terjadi, mungkinkah bagi Anda untuk mengurangi pengeluaran yang dirasa tidak perlu?

Tak pernah punya dana darurat

Dana darurat adalah tabungan yang dipersiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tak diinginkan. Sebut saja seperti untuk membeli atau reparasi gadget karena rusak atau hilang, mengganti suku cadang kendaraan bermotor yang digunakan untuk operasional sehari-hari, atau mencukupi kebutuhan sehari-hari saat penghasilan hilang.

Seseorang yang tidak memiliki dana darurat sama sekali, menandakan bahwa ketika ada masalah besar yang terjadi yang menguras uang, mereka bisa saja memupuk utang.

Biasakanlah untuk menabung mulai dari 10% dari penghasilan setiap bulannya.

Hidup gaji numpang lewat

Ketika besaran pengeluaran Anda setara dengan pemasukan, maka bisa dikatakan gaji Anda hanya numpang lewat saja.

Mungkin saja penghasilan Anda besar, Anda bekerja di sebuah perusahaan ternama, memiliki pendapatan sampingan, dan lain sebagainya.

Namun jika pengeluaran Anda besar atau setara dengan total pemasukan, tidak akan ada dana yang bisa Anda alokasikan untuk menabung dan berinvestasi. Hal ini juga mengindikasikan pengeluaran bulanan Anda sudah kebablasan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*